STRUKTUR PERKERASAN
Pada
umumnya, perkerasan jalan terdiri dari beberapa jenis lapisan
perkerasan yang tersusun dari bawah ke atas,sebagai berikut :
· Lapisan tanah dasar (sub grade)
· Lapisan pondasi bawah (subbase course)
· Lapisan pondasi atas (base course)
· Lapisan permukaan / penutup (surface course)
JENIS PERKERASAN JALAN
Terdapat beberapa jenis / tipe perkerasan terdiri :
a. Flexible pavement (perkerasan lentur/Aspal).
b. Rigid pavement (perkerasan kaku/Beton).
c. Block pavemen(Perkerasan menggunakan paving block).
a. Flexible pavement (perkerasan lentur/Aspal).
b. Rigid pavement (perkerasan kaku/Beton).
c. Block pavemen(Perkerasan menggunakan paving block).
1. PERKERASAN LENTUR (ASPAL)
Perkerasan
lentur dengan bahan pengikat aspal yang sering disebut campuran aspal
panas atau hot mix. Pemakaian tipe perkerasan lentur tersebut semakin
meningkat seiring dengan meningkatnya pengembangan suatu daerah. Untuk
memenuhi kebutuhan tersebut dilakukan (impor dari luar negeri seperti
aspal Shell, ESSO 2000 dllnya) . Komponen aspal memberikan sumbangan
sebesar 60% dari biaya total hot mix.).
Lapisan Tanah Dasar (Subgrade)
Lapisan tanah dasar adalah lapisan tanah yang berfungsi sebagai tempat perletakan lapis perkerasan dan mendukung konstruksi perkerasan jalan diatasnya. Menurut Spesifikasi, tanah dasar adalah lapisan paling atas dari timbunan badan jalan setebal 30 cm, yang mempunyai persyaratan tertentu sesuai fungsinya, yaitu yang berkenaan dengan kepadatan dan daya dukungnya (CBR).
Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, atau tanah urugan yang didatangkan dari tempat lain atau tanah yang distabilisasi dan lain lain.
Lapisan tanah dasar adalah lapisan tanah yang berfungsi sebagai tempat perletakan lapis perkerasan dan mendukung konstruksi perkerasan jalan diatasnya. Menurut Spesifikasi, tanah dasar adalah lapisan paling atas dari timbunan badan jalan setebal 30 cm, yang mempunyai persyaratan tertentu sesuai fungsinya, yaitu yang berkenaan dengan kepadatan dan daya dukungnya (CBR).
Lapisan tanah dasar dapat berupa tanah asli yang dipadatkan jika tanah aslinya baik, atau tanah urugan yang didatangkan dari tempat lain atau tanah yang distabilisasi dan lain lain.
Ditinjau dari muka tanah asli, maka lapisan tanah dasar dibedakan atas :
· Lapisan tanah dasar, tanah galian.
· Lapisan tanah dasar, tanah urugan.
· Lapisan tanah dasar, tanah asli.
Kekuatan dan keawetan konstruksi perkerasan jalan sangat tergantung dari sifat-sifat dan daya dukung tanah dasar.
Umumnya persoalan yang menyangkut tanah dasar adalah sebagai berikut :
Umumnya persoalan yang menyangkut tanah dasar adalah sebagai berikut :
· Perubahan bentuk tetap (deformasi permanen) akibat beban lalu lintas.
· Sifat mengembang dan menyusutnya tanah akibat perubahan kadar air.
· Daya
dukung tanah yang tidak merata akibat adanya perbedaan sifat-sifat
tanah pada lokasi yang berdekatan atau akibat kesalahan pelaksanaan
misalnya kepadatan yang kurang baik.
Lapisan Pondasi Bawah (Subbase Course)
Lapis pondasi bawah adalah lapisan perkerasan yang terletak di atas lapisan tanah dasar dan di bawah lapis pondasi atas.
Lapis pondasi bawah adalah lapisan perkerasan yang terletak di atas lapisan tanah dasar dan di bawah lapis pondasi atas.
Lapis pondasi bawah ini berfungsi sebagai :
· Bagian dari konstruksi perkerasan untuk menyebarkan beban roda ke tanah dasar.
· Lapis peresapan, agar air tanah tidak berkumpul di pondasi.
· Lapisan untuk mencegah partikel-partikel halus dari tanah dasar naik ke lapis pondasi atas.
· Lapis
pelindung lapisan tanah dasar dari beban roda-roda alat berat (akibat
lemahnya daya dukung tanah dasar) pada awal-awal pelaksanaan pekerjaan.
· Lapis pelindung lapisan tanah dasar dari pengaruh cuaca terutama hujan.
Lapisan pondasi atas (base course)
Lapisan pondasi atas adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.
Lapisan pondasi atas adalah lapisan perkerasan yang terletak di antara lapis pondasi bawah dan lapis permukaan.
Lapisan pondasi atas ini berfungsi sebagai :
· Bagian perkerasan yang menahan gaya lintang dari beban roda dan menyebarkan beban ke lapisan di bawahnya.
· Bantalan terhadap lapisan permukaan.
Bahan-bahan untuk lapis pondasi atas ini harus cukup kuat dan awet sehingga dapat menahan beban-beban roda.
Dalam penentuan bahan lapis pondasi ini perlu dipertimbangkan beberapa hal antara lain, kecukupan bahan setempat, harga, volume pekerjaan dan jarak angkut bahan ke lapangan.
Dalam penentuan bahan lapis pondasi ini perlu dipertimbangkan beberapa hal antara lain, kecukupan bahan setempat, harga, volume pekerjaan dan jarak angkut bahan ke lapangan.
Lapisan Permukaan (Surface Course)
Lapisan permukaan adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan beban roda kendaraan.
Lapisan permukaan ini berfungsi sebagai :
Lapisan permukaan adalah lapisan yang bersentuhan langsung dengan beban roda kendaraan.
Lapisan permukaan ini berfungsi sebagai :
· Lapisan yang langsung menahan akibat beban roda kendaraan.
· Lapisan yang langsung menahan gesekan akibat rem kendaraan (lapisaus).
· Lapisan yang mencegah air hujan yang jatuh di atasnya tidak meresap ke lapisan bawahnya dan melemahkan lapisan tersebut.
· Lapisan yang menyebarkan beban ke lapisan bawah, sehingga dapat dipikul oleh lapisan di bawahnya.
Apabila dperlukan, dapat juga dipasang suatu lapis penutup / lapis aus (wearing course) di atas lapis permukaan tersebut.
Fungsi lapis aus ini adalah sebagai lapisan pelindung bagi lapis permukaan untuk mencegah masuknya air dan untuk memberikankekesatan (skid resistance) permukaan jalan. Apis aus tidak diperhitungkan ikut memikul beban lalu lintas.
Fungsi lapis aus ini adalah sebagai lapisan pelindung bagi lapis permukaan untuk mencegah masuknya air dan untuk memberikankekesatan (skid resistance) permukaan jalan. Apis aus tidak diperhitungkan ikut memikul beban lalu lintas.
Kelebihan jalan aspal
· Jalan lebih halus, mulus, dan tidak bergelombang sehingga enak dalam berkendara.
· Warna hitam aspal mempengaruhi psikologi pengendara menjadi lebih teduh dan nyaman
· Untuk penggunaan pada jalan dengan lalu lintas kendaraan ringan, jalan aspal lebih murah dibanding konstruksi jalan beton.
· Proses
perawatan lebih mudah karena tinggal mengganti pada area yang rusak
saja, dengan cara mengganti dengan yang baru pada area jalan yang rusak.
Kekurangan jalan aspal
· Tidak
tahan terhadap genangan air, sehingga memerlukan saluran drainase yang
baik untuk proses pengeringan jalan aspal pasca hujan atau banjir
· Pada struktur tanah yang buruk harus dilakukan perbaikan tanah terlebih dahulu sebelum ditumpangi oleh konstruksijalan aspal.
2. PERKERASAN KAKU (BETON)
Perkerasan
jalan beton semen atau secara umum disebut perkerasan kaku, terdiri
atas plat (slab) beton semen sebagai lapis pondasi dan lapis pondasi
bawah (bisa juga tidak ada) di atas tanah dasar. Dalam konstruksi
perkerasan kaku, plat beton sering disebut sebagai lapis pondasi karena
dimungkinkan masih adanya lapisan aspal beton di atasnya yang berfungsi
sebagai lapis permukaan.
Perkerasan
beton yang kaku dan memiliki modulus elastisitas yang tinggi, akan
mendistribusikan beban ke bidang tanah dasra yang cukup luas sehingga
bagian terbesar dari kapasitas struktur perkerasan diperoleh dari plat
beton sendiri. Hal ini berbeda dengan perkerasan lentur dimana kekuatan
perkerasan diperoleh dari tebal lapis pondasi bawah, lapis pondasi dan
lapis permukaan.
Karena
yang paling penting adalah mengetahui kapasitas struktur yang
menanggung beban, maka faktor yang paling diperhatikan dalam perencanaan
tebal perkerasan beton semen adalah kekuatan beton itu sendiri. Adanya
beragam kekuatan dari tanah dasar dan atau pondasi hanya berpengaruh
kecil terhadap kapasitas struktural perkerasannya.
Lapis
pondasi bawah jika digunakan di bawah plat beton karena beberapa
pertimbangan, yaitu antara lain untuk menghindari terjadinya pumping,
kendali terhadap sistem drainasi, kendali terhadap kembang-susut yang
terjadi pada tanah dasar dan untuk menyediakan lantai kerja (working
platform) untuk pekerjaan konstruksi.
Secara lebih spesifik, fungsi dari lapis pondasi bawah adalah :
· Menyediakan lapisan yang seragam, stabil dan permanen.
· Menaikkan
harga modulus reaksi tanah dasar (modulus of sub-grade reaction = k),
menjadi modulus reaksi gabungan (modulus of composite reaction).
· Mengurangi kemungkinan terjadinya retak-retak pada plat beton.
· Menyediakan lantai kerja bagi alat-alat berat selama masa konstruksi.
· Menghindari
terjadinya pumping, yaitu keluarnya butir-butiran halus tanah bersama
air pada daerah sambungan, retakan atau pada bagian pinggir perkerasan,
akibat lendutan atau gerakan vertikal plat beton karena beban lalu
lintas, setelah adanya air bebas terakumulasi di bawah pelat.
Kelebihan Jalan Beton
· Dapat menahan beban kendaraan yang berat
· Tahan terhadap genangan air dan banjir
· Biaya perawatan lebih murah dibanding jalan aspal
· Dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu
· Pengadaan material lebih mudah didapat
Kekurangan jalan beton
· Kualitas
jalan beton sangat bergantung pada proses pelaksanaannya misal
pengeringan yang terlalu cepat dapat menimbulkan keretakan jalan, untuk
mengatasi hal ini dapat menambahkan zat kimia pada campuran beton atau
dengan menutup beton pasca pengecoran dengan kain basah untuk
memperlambat proses pengeringan
· Untuk
penggunaan pada jalan rayadengan kapasitas berat kendaraan yang tinggi,
maka biaya konstruksi jalan beton lebih mahal dibanding jalan aspal,
namun lebih murah pada masa perawatan.
· Kehalusan dan gelombang jalan sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan pengawasan yang ketat.
· Proses
perbaikan jalan dengan cara menumpang pada konstruksi jalan beton yang
lama, sehingga menaikan ketinggian elevasi jalan, sehingga terkadang
elevasi jalan lebih tinggi dibanding rumah di sampingnya.
· Warna beton membuat suasana jalan menjadi keras dan gersang shingga menimbulkan efek kehati-hatian bagi pengendara di atasnya.
3. PERKERASAN MENGGUNAKAN PAVING BLOCK
Jenis
perkerasan jalan lainnya yaitu paving block , yang terbuat dari
campuran pasir dan semen ditambah atau tanpa campuran lainnya ( abu batu
atau lainnya ). Paving block atau blok beton terkunci menurut
SII.0819-88 adalah suatuko mposisi bahan bangunan yang terbuat dari
campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis lainnya, air dan
agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi
mutu beton tersebut.
Sedangkan
menurut SK SNI T-04-1990-F, paving block adalah segmen-segmen kecil
yang terbuat dari beton dengan bentuk segi empat atau segi banyak yang
dipasang sedemikian rupa sehingga saling mengunci (Dudung Kumara, 1992;
Akmaluddin dkk. 1998).
Keuntungan dari Paving Block
· Pelaksanaannya mudah dan tidak memerlukan alat berat serta dapat diproduksi secara masal;
· Pemeliharaannya mudah dan dapat dipasang kembali setelah dibongkar;
· Tahan terhadap beban statis, dinamik dan kejut dan
· Tahan terhadap tumpahan bahan pelumas dan pemanasan oleh mesin kendaraan.
Kelemahan Paving Block
· Mudah bergelombang bila pondasinya tidak kuat dan kurang nyaman untuk kendaraan dengan kecepatan tinggi. Sehingga perkerasan paving block hanya cocok untuk mengendalikan kecepatan kendaraan di lingkungan permukiman dan perkotaan yang padat.
Mutunya dan standar yang disyaratkan :
· mempunyai bentuk yang sempurna,
· tidak retak-retak dan cacat,
· bagian sudut dan rusuknya tidak mudah direpihkan dengan kekuatan tangan.
Bentuk Dan Ukuran
· Berdasarkan bentuknya paving block dapat dibedakan menjadi dua yaitu bentuk segi empat dan segi banyak.
· Ketebalan 6 cm, 8 cm dan 10 cm,
· Warna umumnya abu-abu atau sesuai dengan pesanan konsumen.
· Toleransi
ukuran yang disyaratkan adalah ± 2 mm untuk ukuran lebar bidang dan ± 3
mm untuk tebalnya serta kehilangan berat bila diuji dengan natrium
sulfat maksimum 1%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar